-    Escrito por editorbfi

Apa beda creambath, hairmask dan hairspa

Walaupun perawatan rambut yang ditawarkan oleh salon kecantikan memberikan manfaat yang hampir sama, tetapi semua memiliki kelebihan masing-masing. Perawatan yang akan dibahas kali ini adalah creambath, hair mask dan hair spa. Dengan memahami perbedaan creambath, hair mask dan hair spa, Anda jadi mudah memilih jenis perawatan rambut yang tepat.

Pengenalan lapisan rambut

Lapisan rambut meliputi kutikula, medula dan korteks.

Lapisan kutikula adalah lapisan terluar rambut dan bekerja untuk melindungi lapisan di bawahnya dari kekeringan dan kerusakan. Kutikula bisa rusak oleh gesekan mekanis, seperti ketika Anda menyasak rambut, juga karena penggunaan bahan alkalin seperti sampo atau keriting rambut.

Lapisan kedua, korteks, dimana lapisan ini sebagian besar terdiri dari pigmen rambut dan rongga udara. Lapisan korteks adalah lapisan yang lembut, sehingga mudah rusak oleh bahan kimia yang diterapkan pada rambut. Semua proses perawatan yang menggunakan bahan kimia terjadi di lapisan ini, termasuk pewarna rambut.

Lapisan ketiga adalah lapisan paling dalam atau medula. Lapisan ini hanya hadir dalam rambut tebal, sedangkan rambut pirang dan rambut tipis umumnya tidak memiliki lapisan medula.

Pengenalan lapisan pada rambut ini akan dapat membantu Anda menentukan apa perawatan rambut kebutuhan Anda.

Creambath

Perawatan rambut ini hanya bekerja pada lapisan kutikula.  Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin perawatan rambut dengan pijatan. Karena krim creambath hanya berfungsi di kutikula dan tidak mencapai korteks.

Sehingga bagi Anda yang sering melakukan proses kimia pada rambut, misalnya rebound , mengeriting atau mewarnai, maka creambath kurang dari hasil yang maksimal.

Hair Mask (masker rambut)

Hair mask memiliki fungsi untuk perawatan rambut dari kerusakan yang terjadi pada lapisan korteks. Perawatan rambut yang ini baru cocok untuk Anda yang suka melakukan proses kimia pada rambut. Perawatan rambut jenis ini sangat dianjurkan.

Masker rambut biasanya tidak diikuti oleh proses pijat seperti di creambath. Masker rambut juga tidak bisa menyelesaikan masalah yang terjadi pada kulit kepala, seperti rambut berminyak dan ketombe.

Hair spa (spa rambut)

Perlakuan ini diperlukan jika rambut Anda masih mengalami pecah-pecah dan kering meskipun Anda cukup rajin untuk melakukan creambath. Tingginya tingkat polusi dan stres tidak cukup diatasi dengan creambath. Hairspa diperlukan untuk membuat rambut “bernafas” lagi, lebih sehat, lembut dan mendapatkan gizi yang cukup.
Spa rambut diperlukan untuk mengembalikan rambut menjadi lebih baik.  Cocok untuk Anda yang memiliki rambut kering, berminyak dan halus.

Manfaat spa rambut di antaranya melembutkan tekstur rambut sehingga dapat berkembang lebih indah. Memberikan asupan gizi khusus sehingga rambut lebih lembab.

Bagi Anda pemilik rambut kering, pilihlah hair spa dengan vitamin yang dapat membuat rambut lebih bersinar. Dan bagi anda yang memiliki rambut tipis dan lemas, Anda harus menghindari rambut perawatan spa, karena rambut Anda akan semakin halus dan tampak tipis.