-    Escrito por editorbfi

Teknik memotong rambut pendek untuk pria

Memotong rambut adalah sebuah bentuk seni dan tidak cara yang benar atau salah untuk mencapai hasil potong rambut yang bagus. Masing-masing pendekatan akan bervariasi oleh penata.

Tetapi ada beberapa prinsip dasar bahwa semua tukang cukur dan penata dapat menerapkan untuk meningkatkan kecepatan dan kualitas ketika memotong rambut laki-laki.

Keterampilan teknis yang baik juga akan membantu meningkatkan retensi klien laki-laki Anda.

Basah atau kering?

Pemotongan dengan menggunakan clipper hampir selalu dilakukan yang terbaik di rambut kering. Ketika rambut basah, akan sulit untuk bisa melihat garis dan sulit untuk tahu persis bagaimana rambut akan berbaring ketika dipotong. Rambut harus basah untuk “most shear” atau pisau cukur.

Memeriksa kembali

Ketika melakukan potong rambut, pemeriksaan ulang atau cross check adalah penting. Untuk beberapa orang, ini mungkin tampak seperti sebuah langkah yang tidak perlu, tetapi penting untuk memastikan memotong bahkan dan proporsional.

Ketika melakukan potongan rambut pendek, memeriksa pencampuran dan meruncing di cermin (atau mundur beberapa meter). Seringkali, Anda dapat melihat sesuatu dari jarak yang Anda akan kehilangan dekat. Juga pastikan untuk memiliki pencahayaan yang tepat dari semua sudut. Cahaya redup dan bayangan membuat sangat sulit untuk memeriksa kualitas dalam memotong.

Alat dan teknik pencukuran

Ada beberapa alat yang digunakan untuk mencukur rambut Anda menjadi pendek. Masing-masing alat menggunakan teknik tertentu dan menghasilkan hasil akhir yang berbeda. Metode tersebut antara lain:
Anchor-Pivot-Suspend, Clipper-Over-comb, Blending Shears dan Haircutting Razor.

Texturizing

Sebuah pisau cukur (dengan pengaman) atau teknik shear point dapat digunakan untuk memberi tekstur potongan rambut dengan memotong ujung-ujung rambut dengan panjang bervariasi. Tekstur yang  diinginkan dalam potongan rambutbisa berduri/spikes atau bisa juga acak-acakan.

Pisau cukur (dengan pengaman) digunakan untuk mengupas ujung rambut antara pisau dan jempol untuk menciptakan berbagai panjang. Ketika menarik rambut antara pisau cukur dan ibu jari, memegang pisau pada sudut dan menggunakan gerakan menyendok.

Teknik shear-point digunakan untuk memotong ujung-ujung rambut pada sudut (atau bahkan potongan potongan-potongan bergantian) untuk menambahkan tekstur. Lakukan teknik ini hanya setelah tangan-instruksi dari instruktur yang berkualifikasi.

Finishing

Banyak penata akan menghabiskan banyak waktu memastikan hasil potong rambutnya rata dan sempurna. Potongan rambut yang bagus bisa hancur oleh finishing yang jelek. Sebaliknya, potongan rambut yang buruk juga dapat dibuat keren dengan finishing yang baik).

Hal ini penting untuk memastikan semua garis (lengkung di sekitar telinga dan leher) yang bersih dan rapi. Sebagian besar potongan rambut juga akan mendapat keuntungan dari lentik sedikit atau beveling di sekitar tepi bawah. Periksa untuk memastikan poni lurus juga.